ANALISIS DRP INTERAKSI OBAT PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD PROFESOR. Dr. W. Z. JOHANNES KUPANG

Kono, Brampi Ridwan (2019) ANALISIS DRP INTERAKSI OBAT PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD PROFESOR. Dr. W. Z. JOHANNES KUPANG. Masters thesis, UNIVERSITAS CITRA BANGSA.

[img] Text
skripsi Ridwan 154111065 farmasi B AK-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penyakit Ginjal Kronik (PGK) merupakan penyakit ginjal yang dikaitkan dengan penurunan fungsi ginjal yang bersifat ireversibel, menahun, dan berlangsung progresif. Pasien dengan PGK biasanya menderita sejumlah besar komorbiditas serta komplikasi sebagai akibat dari terganggunya fungsi ginjal. Kondisi tersebut mengakibatkan pasien mengkonsumsi lebih dari lima obat atau yang dikenal dengan polifarmasi yang rentan terhadap resiko terjadinya interaksi obat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penggunaan obat dan kejadian interaksi obat pada pasien PGK yang menjalani rawat inap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional yang pengambilan datanya dilakukan secara retrospektif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebesar 400 rekam medik. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 84 sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik systematic sampling. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah obat kardiovaskuler merupakan golongan obat yang paling banyak digunakan oleh pasien PGK (44%). Jumlah obat terbanyak yang dikonsumsi yaitu 5-8 obat (56%). Interaksi obat potensial ditemukan pada 85,7% sampel dengan tingkat keparahan minor sebesar 26%, sedang/moderate sebesar 68%, dan mayor sebesar 5%. Obat- obatan yang paling sering berinteraksi yaitu interaksi obat kardiovaskuler- kardiovaskular (30%), obat kardiovaskuler-suplemen (20%), serta obat kardiovaskuler-obat saluran cerna (15%).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penyakit ginjal kronik, DRP, interaksi obat, signifikansi klinis, polifarmasi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Prodi Kesehatan > Prodi Farmasi
Depositing User: henny yusanti nepa fay
Date Deposited: 22 Jul 2020 01:56
Last Modified: 22 Jul 2020 01:56
URI: http://repository.ucb.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item